Minggu, 25 Agustus 2013

Alat alat Caving Kelompok dan Pribadi

Peralatan dan Perlengkapan Caving


Terdiri dari:
  • kelompok
  • pribadi
-----------------------------------------------------
Kelompok

- Tali

Berfungsi sebagai alat utama untuk lintasan SRT. Tali statik digunakan sebagai tali lintasan utama. Sedangkan untuk tali pengaman (safety line) dapat menggunakan tali dinamis.Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tali adalah ukuran diameter tali, kekuatan tali, dan bahan pembuatnya.



- Peralatan Rigging/Anchor
Digunakan untuk membuat tambatan tali yang akan digunakan untuk turun, istilah rigging digunakan pada goa vertikal. Rigging dapat dilakukan di tambatan (anchor) alami, seperti pohon, batuan yang kuat, dan batuan bercelah. Jika tidak terdapat tambatan alami, maka dapat membuat tambatan buatan, dengan mengebor batuan yang ada. Hal ini sebenarnya tidak dianjurkan karena bersifat merusak batuan goa. Peralatan rigging terdiri dari webbing dan carabiner (berfungsi menghubungkan webbing dengan tali utama, disarankan menggunakan carabiner srew yang memiliki kekuatan paling besar). Jika akan membuat anchor buatan dibutuhkan peralatan tambahan, seperti hammer, alat bor tebing, spit, dan hanger.
Prinsip dasar rigging adalah membuat lintasan yang mudah dilewati dan sesuai dengan kemampuan seluruh tim, tambatan yang dibuat harus aman, lintasan aman dari gesekan dari dinding goa, waspada terhadap batuan yang tidak stabil.

- Minum dan Snack high kalori
Penting untuk dibawa, air yang ada di goa tidak sehat untuk diminum karena mengandung endapan kalsit. Snack berfungsi menambah energy dan dapat juga digunakan sebagai cadangan makanan dalam kondisi darurat.

- Karbit, air karbit + tempat sampahnya
Mengingat cahaya adalah hal yang sangat penting pada telusur goa, penelusur goa wajib membawa karbit cadangan dan air karbit, untuk menghindari kehabisan cahaya. Sampah karbit tidak boleh dibuang sembarangan, jadi selalu ingat untuk membawa tempat khusus sampah karbit.


- Botol kosong dan kantong plastik
Berfungsi untuk menyimpan urin ketika buang air kecil, bawa tupperware jika khawatir akan buang air besar di dalam goa, ingat kode etik penelusuran! Leave nothing but footprints!

- Obat2an

 
Pribadi

- Set SRT (Single Rope Technique)

- Sit harness
Penghubung utama badan dan alat lainnya yang digunakan di pinggul. Sit harness caving berbeda dengan sit harness panjat. Sit harness caving disetting agar penggunanya dapat istirahat pada posisi yang nyaman ketika tergelantung di tali.


- Chest harness
Penghubung utama badan dan alat lainnya yang digunakan di dada. Chest harness terhubung dengan croll pada saat naik, sehingga badan tetap terjaga sejajar dengan tali. Jika tidak terdapat chest harness, dapat diganti menggunakan webbing.


- Maillon
Berfungsi sebagai penghubung harness dan alat ascending dan descending. Bentuknya seperti karbiner tapi tidak memiliki gate (pintunya menggunakan per), sangat kuat, ada dua bentuk, circular dan delta


- Carabiner 4 buah
Pada 1 set SRT minimal membutuhkan 4 carabiner, 3 carabiner srew gate (bentuk ouval/delta) digunakan untuk penghubung jumar dengan konektor, descender dengan mallion, carabiner friksi, dan satu carabiner non-srew digunakan pada cowstail pendek.

- Jumar
Berfungsi sebagai alat naik yang digunakan di tangan terhubung dengan konektor ke mallion sit harness. Cara kerjanya, semakin terbeban akan semakin mengunci tali.


- Croll
Digunakan sebagai alat naik, prinsip kerjanya sama dengan jumar, namun terletak di dada, terhubung langsung dengan chest harness dan mallion sit harness. Dengan adanya croll posisi badan akan terjaga
sejajar dengan tali.



- Foot loop
Berfungsi seperti tangga, tempat meletakkan kaki, sebagai alat bantu waktu naik, dapat dipanjang-pendekan sesuai kebutuhan. Produk peztl dan camp merupakan footloop jadi, apabila tidak ada dapat menggunakan tali statis yang dibentuk menyerupai footloop buatan petzl/camp


- Descender
Alat turun mekanis. Jenisnya ada bermacam-macam, yang sering digunakan “petzl stop”. Alat turun
lainnya bobbin/simple dan rack



- Cowstail
Sebagai tali pengaman, pada saat penelusuran cowstail dipasang pertama dan dilepas terakhir kali.


- Cover all
Aktifitas penelusuran yang membakar kalori dan goa yang memiliki suhu berbeda dengan udara luar, dapat menyebabkan drop, coverall berguna sebagai penjaga panas tubuh. Selain itu juga berfungsi
melindungi tubuh dari gesekan ornamen/dinding goa yang tajam.



- Helm
Goa memiliki ornament yang tidak beraturan serta terdapat banyak batuan yang bisa saja jatuh dan menimpa penelusur. Helm digunakan untuk melindungi kepala dari benturan atau kejatuhan batuan. Helm standar penelusuran adalah speleo helmet, helm ini dilengkapi dengan alat penerangan berbahan bakar karbit.


- Sepatu boot
Berfungsi melindungi kaki, menahan gesekan dan benturan. Sebaiknya menggunakan sepatu boot yang tinggi, memiliki grip dan sol tahan air dan lumpur.

- Sarung tangan
Berfungsi melindungi tangan dari dinding/ornament goa yang tajam, melindungi tangan ketika turun di lintasan tali yang panjang.

- Masker
Berfungsi melindungi pernafasan, sangat dibutuhkan pada goa yang terdapat banyak guano (kotoran kelalawar)

- Penerangan
Penerangan menjadi sangat penting ketika berada dalam kegelapan abadi, minimal membawa 2, sebagai cadangan. Pencahayaan menggunakan karbit menghasilkan cahaya menyebar ke seluruh arah, berbeda dengan senter/head lamp

sumber: http://www.about-caving.com/ dari Kartika, Metta. "Telusur Goa" (file pdf)


Semoga artikel Alat alat Caving Kelompok dan Pribadi bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Alat alat Caving Kelompok dan Pribadi ini, like dan bagikan ketemanmu.

Posting Komentar

Goa Barat - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template SEO Fendly by JimsonTemplate Edit by : Tutorial Blogspot