Jumat, 10 Mei 2013

PENGEMBANGAN GOA BARAT DAN POTENSI ALAM DI JATIJAJAR

Kabar gembira untuk Masyarakat Desa Jatijajar, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  kembali mengucurkan program PNPM Pariwisata. Desa Jatijajar termasuk salah satu Desa diantara tiga Desa di Kabupaten Kebumen yang menerima program PNPM Pariwisata di tahun 2013.

Kegembiraan tersebut dilihat dan dirasakan saat sosialisasi dan musyawarah penetapan RUK ( Rencana Usulan Kegiatan )  ( Jum'at 10 Mei 2013) di Balai Desa Jatijajar. Peserta musyawarah dengan antusias saling mengusulkan dan juga saling menyela satu sama lain demi tercapainya kata sepakat/mufakat untuk menentukan rencana usulan kegiatan tersebut.

Dari proses musyawarah yang panjang disepakati bersama untuk penggunaan dana PNPM Pariwisata tahun 2013 yaitu :

1. Fasilitasi Gerai Cenderamata Rp.20 jt
2. Fasilitasi Penitipan Sepeda Moto Rp.10 Jt
3. Fasilitasi Alat Penunjang Wisata ( Flying Fox) Rp. 15 jt
4. Fasilitasi Cagar Budaya ( Tanjung anom, Lebuawu, Pengilon ) 20 jt.
5. Fasilitasi Alat Kesenian ( Debus, Angguk, Kuda lumping ) 10 jt
6. Fasilitasi Homestay ( 4 Unit ) Rp.20jt.
7. Operasiona Kegiatan max 5 %  Rp. 5jt




Dengan kegiatan-kegiatan diatas diharapkan potensi alam di desa Jatijajar semakin meningkat  dari segi daya jual, sehingga pengunjung akan semakin merasa kerasan dan nyaman dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut. Sehingga rencana untuk mewujudkan Desa Jatijajar sebagai salah satu desa wisata di kabupaten Kebumen semakin mendekati kenyataan.

Desa Jatijajar selama ini dikenal hanya karena keindahan Obwis Goa Jatijajar, padahal sejatinya Desa Jatijajar memiliki Potensi Wisata yang lain dan tak kalah menariknya jika dikemas dan dikelola secara baik.
Tempat - tempat yang lain yang tidak kalah menarik diantaranya Obwis GOA BARAT,. Obwis yang sejak tahun 2012 dibuka untuk wisata umum dan minat khusus memang saat ini menjadikan primadona pembangunan skala desa. Program tersebut bertujuan selain pada pembangunan fisik namun juga pembangunan masyarakatnya. Secara bertahap untuk bisa diarahkan menjadi kader-kader manusia wisata yang peduli akan pentingnya sapta pesona. Jika embrio sumber daya manusia wisata semakin berkembang tentu untuk pengembangan potensi alam yang ada akan semakin mudah dan terarah.

selain Goa Barat, lokasi-lokasi lainnya yaitu :.
1. Goa Kapuk ( Caving )
2. Tebing Terbang ( Climbing )
3. Lintas Wisata Bukit Karts ( Tracking)
4. Tanjung anom ( religi )
5. Lebuawu ( Relifi )
6. Pengilon ( Religi )
7. Bukit Jlumbret ( Religi )

Semoga Karunia Tuhan untuk Desa Jatijajar bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat  untuk kesejahteraan Masyarakat. Dari Masyarakat Oleh Masyarakat Untuk Masyarakat....








Semoga artikel PENGEMBANGAN GOA BARAT DAN POTENSI ALAM DI JATIJAJAR bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel PENGEMBANGAN GOA BARAT DAN POTENSI ALAM DI JATIJAJAR ini, like dan bagikan ketemanmu.

Posting Komentar

Goa Barat - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template SEO Fendly by JimsonTemplate Edit by : Tutorial Blogspot